Pertanyaan dan Pembahasan Tentang Bluetooth


Assalamualikum WR. WB.
salam sejahtera untuk kalian semua. ^^
Ini adalah postingan kedua saya, dalam rangka memenuhi tugas yang diberikan guru saya sendiri di kelas XII TKJ, dan kali ini saya akan membahas tentang beberapa pertanyaan dan pembahasan tentang Bluetooth yang dibuat oleh teman-teman kelas saya sendiri.
Namun sebelum saya membahas tentang "Pertanyaan dan Pembahasan tentang Jaringan Nirkabel -Bluetooth- saya akan membahas sedikit tentang bluetooth itu sendiri.
.
.
.
.
Selamat membaca
.
.
.
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.

Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.


Sejarah

Awal mula dari Bluetooth adalah sebagai teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter. Bluetooth berupa kartu yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan kemampuan data transfer lebih rendah dari kartu untuk Wireless Local Area Network (WLAN).

Pembentukan Bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan besar Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor tetapi ia diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE (802.15)
Asal nama bluetooth dan lambangnya

Nama "bluetooth" berasal dari nama raja di akhir abad sepuluh, Harald Blatand (Abad 10) yang di Inggris juga dijuluki Harald Bluetooth kemungkinan karena memang giginya berwarna gelap. Ia adalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan juga termasuk daerah kekuasaannya. Kemampuan raja itu sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer personal dan telepon genggam.[2]

Sedangkan logo bluetooth berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (singkatan dari Harald Bluetooth), yaitu H-rune.gif (Hagall) dan Runic letter berkanan.png (Blatand) yang kemudian digabungkan.
Sistem Operasi

Berupa radio transceiver, baseband link controller dan link manager. Berikut beberapa karaketristik radio bluetooth sesuai dengan dokumen Bluetooth SIG dalam tabel 1
Parameter Spesifikasi
Transmiter
Frekuensi ISM band, 2400 - 2483.5 MHz (mayoritas), untuk beberapa negara mempunyai batasan frekuensi sendiri (lihat tabel 2), spasi kanal 1 MHz.
Maksimum Output Power Power class 1 : 100 mW (20 dBm)Power class 2 : 2.5 mW (4 dBm)Power class 3 : 1 mW (0 dBm)
Modulasi GFSK (Gaussian Frequency Shift Keying), Bandwidth Time : 0,5; Modulation Index : 0.28 sampai dengan 0.35.
Out of band Spurious Emission 30 MHz - 1 GHz : -36 dBm (operation mode), -57 dBm (idle mode)1 GHz – 12.75 GHz: -30 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)1.8 GHz – 1.9 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)5.15 GHz –5.3 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)
Receiver
Actual Sensitivity Level -70 dBm pada BER 0,1%.
Spurious Emission 30 MHz - 1 GHz : -57 dBm1 GHz – 12.75 GHz : -47 dBm
Max. usable level -20 dBm, BER : 0,1%
Time Slot

Kanal dibagi dalam time slot-time slot, masing-masing mempunyai panjang 625 ms. Time slot-time slot tersebut dinomori sesuai dengan clock bluetooth dari master piconet. Batas penomoran slot dari 0 sampai dengan 227-1 dengan panjang siklus 227. Di dalam time slot, master dan slave dapat mentransmisikan paket-paket dengan menggunakan skema TDD (Time-Division Duplex). Master hanya memulai melakukan pentransmisiannya pada nomor time slot genap saja sedangkan slave hanya memulai melakukan pentransmisiannya pada nomor time slot ganjil saja.
Protokol

Maksud dari protokol adalah untuk mempercepat pengembangan aplikasi-aplikasi dengan menggunakan teknologi Bluetooth. Layer-layer bawah pada stack protokol bluetooth dirancang untuk menyediakan suatu dasar yang fleksibel untuk pengembangan protokol yang lebih lanjut. Protokol-protokol yang lain seperti RFCOMM diambil dari protokol-protokol yang sudah ada dan protokol ini hanya dimodifikasi sedikit untuk disesuaikan dengan kepentingan bluetooth. Stack protokol bluetooth dapat dibagi ke dalam empat layer sesuai dengan tujuannya.
Protocol Layer Protocol In The Stack
Bluetooth Core Protocols, Baseband, LMP, L2CAP, SDP Cable Replacement Protocol, RFCOMM
Cable Replacement Protocol RFCOMM
Telephony Control Protocols TCS Binary, AT-commands
Adopted Protocols PPP, UDP/TCP/IP, OBEX, WAP, vCard, vCal, IrMC, WAE
Pengukuran

Ada tiga aspek dalam melakukan pengukuran Bluetooth: pengukuran RF (Radio Frequency), protokol dan profile. Pengukuran radio dilakukan untuk menyediakan compatibility perangkat radio yang digunakan di dalam sistem dan untuk menentukan kualitas sistem serta dapat menggunakan perangkat alat ukur RF standar seperti spectrum analyzer, transmitter analyzer, power meter, digital signal generator dan bit-error-rate tester (BERT). Hasil pengukuran harus sesuai dengan spesifikasi dan memenuhi parameter yang tercantum dalam Tabel 1.

Dari informasi Test & Measurement World, untuk pengukuran protokol, dapat menggunakan protocol sniffer yang dapat memonitor dan menampilkan pergerakan data antar perangkat bluetooth. Pengukuran profile dilakukan untuk meyakinkan interoperability antar perangkat dari berbagai macam vendor.
Fitur Keamanan

Bluetooth dirancang untuk memiliki fitur-fitur keamanan sehingga dapat digunakan secara aman baik dalam lingkungan bisnis maupun rumah tangga. Fitur-fitur yang disediakan bluetooth antara lain sebagai berikut:

    Enkripsi data
    Autentikasi pengguna
    Lompatan frekuensi cepat (1600 hops/sec)
    Kontrol pengeluaran energi

Fitur-fitur tersebut menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti password dan PIN. Tetapi dari sebuah artikel Internet, menurut penelitian dua mahasiswa Universitas Tel Aviv, mengenai adanya kemungkinan Bluetooth bisa disadap dengan proses pairing berpasangan.

Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah kunci rahasia pada proses pairing. Selama ini dua perangkat bluetooth menyiapkan kunci digital 128 bit. Ini adalah kunci rahasia yang kemudian disimpan dan dipakai dalam proses enkripsi pada komunikasi selanjutnya. Langkah pertama ini mengharuskan pengguna yang sah untuk menginputkan kunci rahasia yang sesuai, PIN empat digit ke perangkat. Pesan lalu dikirim ke perangkat lainnya, dan ketika ditanyai kunci rahasia, dia berpura-pura lupa. Hal ini memacu perangkat lain untuk memutus kunci dan keduanya lalu mulai proses pairing baru. Kesempatan ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mengetahui kunci rahasia yang baru. Selain mengirim ini ke perangkat Bluetooth yang dituju, semua perangkat Bluetooth yang ada dalam jangkauan itu juga tetap dapat disadap.
Bluetooth FHSS vs WLAN DSSS

Bluetooth lebih memilih metode FHSS (Frequency Hopping Spread Spectrum) dibandingkan dengan DSSS (Direct Sequence Spread Spectrum). Alasan bluetooth tidak menggunakan DSSS antara lain sebagai berikut :

    FHSS membutuhkan konsumsi daya dan kompleksitas yang lebih rendah dibandingkan DSSS hal ini disebabkan karena DSSS menggunakan kecepatan chip (chip rate) dibandingkan dengan kecepatan simbol (symbol rate) yang digunakan oleh FHSS, sehingga cost yang dibutuhkan untuk menggunakan DSSS akan lebih tinggi.
    FHSS menggunakan FSK dimana ketahanan terhadap gangguan noise relatif lebih bagus dibandingkan dengan DSSS yang biasanya menggunakan OPSK (untuk IEEE 802.11 2 Mbps) atau CCK ( IEEE 802.11b 11 Mbps).

Walaupun FHSS mempunyai jarak jangkauan dan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan DSSS tetapi untuk layanan dibawah 2 Mbps FHSS dapat memberikan solusi cost-efektif yang lebih baik.
Aplikasi dan Layanan

Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.
Headset yang menggunakan bluetooth

Range yang dapat dijangkau oleh Bluetooth adalah 10 meter atau 30 feet. Sistem Bluetooth juga menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint. Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Sedangkan perangkat yang dapat dikombinasikan dengan Bluetooth diantaranya: handphone, kamera, personal computer (PC), printer, headset, Personal Digital Assistant (PDA), dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.
Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem Bluetooth adalah:

    Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter.
    Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat.
    Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telepon genggam ke komputer.
    Dapat digunakan sebagai perantara modem.

Kekurangan

Kekurangan dari sistem Bluetooth adalah:

    Sistem ini menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar.
    Apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan.
    Banyak mekanisme keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan informasi.
    Di Indonesia, sudah banyak beredar virus yang disebarkan melalui bluetooth dari telepon genggam.


dan diatas adalah beberapa informasi tentang bluetooth sendiri dan sekarang kita langsung membahas tentang pertanyaan yang telah teman-teman saya buat:

1. Ade Suryadi dan Usman Labib
   Pertanyaan:
   jelaskan tentang frekuensi hopping pada bluetooth ?
   Pembahasan:
   Frekuensi hopping adalah salahs atu dari dua teknik modulasi dasar yang digunakan dalam transmis    isinya lspread spectrum. Iniadalah switching ulang frekuensi selama transmisi radio, sering untuk        mengurangi efektivitas dari "perangelektronik" - yaitu, intersepsi tidak sah atau jamming                      telekomunikasi.

2. Aga Julantiadi
   Pertanyaan:
   berapa jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui bluetooth ?
   Pembahasan:
   Jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui bluetooth maksimal            hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter saja.

3. Agung Sepriyatno
   pertanyaan:
   Apa perbedaan antara kanal sinkron dan kanal asinkron ?
   Pembahasan:
   perbedaan Kanal asinkron adalah digunakan untuk transmisi kecepatan tinggi. Yang ditransmisikan    satu blok data. Dalam system ini baik pengirim maupun penerima bekerja bersama-sama dan              sinkronisasi  dilakukan setiap sekian ribu bit data. Bit awal/akhir tidak dibuthukan untuk tiap
   karakter.Sedangkan kanal asinkron digunakan bila pengiriman data dilakukan satu karakter setiap
   kali. Antara satu karakter dengan yang lainnya tidak ada waktu antara yang tetap. Karakter dapat
  dilakukan sekaligus ataupun beberapa karakter kemudian berhenti untuk waktu tidak tentu, lalu
  pengirimkan sisanya. Akibatnya setiap kali penerima harus selalu melakukan sinkronisasi supaya bit
  data yang dikirimkan diterima dengan benar. Dengan demikian penerima harus mengetahui
  mulainya bit pertama dari sinyal data. Caranya dengan memberikan suatu pulsa yang disebut start
  pulse pada awal tiap karakter. Pulsa ini memberitahukan penerima untuk memulai menerima bit
  data. Umumnya keadaan idle, yaitu keadaan tanpa transmisi sinyal, dikatakan
  keadaan tinggi (high) atau mark. Sehingga dapat dikatakan bahwa selama keadaan idle transmitter
  mengirimkan deretan “1” secara terus menerus. Keadaan sebaliknya, yaitu “0” disebut
  space.Pengirim kalau hendak mengirmkan data, selalu memberikan bit awal (start bit) yaitu pulsa perubahan dari 1 ke 0 selama satuan waktu bit.

4. Agus Maulana
   Pertanyaan:
   Bagaimana langkah terbaik dalam menghindari sebuah serangan hacker dalam menggunakan
   bluetooth ?
   Pembahasan:
   Cara terbaik untuk menghindari serangan seperti itu adalah hanya ingat untuk menonaktifkan
   Bluetooth apabila Anda tidak menggunakannya. Banyak orang akan hanya menempatkan Bluetooth pada "tersembunyi", atau "swasta" mode yang menurut mereka akan menyembunyikan diri dari serangan, namun pada kenyataannya, hacker telah menemukan cara untuk menemukan mereka. Menonaktifkan fungsi sama sekali adalah satu-satunya cara untuk menghentikan serangan. Hacking bluetooth belum menjadi sebagai masalah besar di AS seperti yang terjadi di tempat lain di mana Bluetooth adalah hampir di mana-mana, tapi akan segera.

5. Agus Salam
   Pertanyaan:
   Sebutkan dan jelaskan benda yang mengganggu koneksi bluetooth ?
   Pembahasan:
   Untuk saat ini tdak ada benda yang dapat mengganggu koneksi bluetooth karena kelebihan bluetooth itu sendiri adalah Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain.

6. Ahmad Johan
   Pertanyaan:
   selain untuk komunikasi data, sebutkan penggunaan bluetooth dikehidupan sehari-hari ?
   Pembahasan:
   Pengguanaan bluetooth dalam kehidupan sehari-hari , selain untuk komunikasi data yaitu:
   - Handsfree
     Dengan adanya Bluetooth, kamu bisa meletakkan smartphone kamu di dock yang menempel di mobil atau motor kamu, dan kamu tinggal menggunakan Bluetooth headset untuk berbicara. Ini merupakan suatu manfaat praktis Bluetooth ketika berkendara.
   - Mendengarkan Musik
     Headset berkabel terlalu ribet untuk kamu? Sekarang tidak lagi. Kamu cukup menggunakan Headset Bluetooth untuk mendengarkan lagu-lagu favorit kamu.
   - Keyboard Bluetooth
     Kelemahan perangkat Tablet adalah ketidaknyamanan yang akan terasa oleh kamu saat mengetik. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perangkat Bluetooth keyboard. Tempatkan Tablet kamu pada jarak yang aman untuk mata, lalu kamu tinggal mengetikkan materi yang tengah kamu kerjakan.

7. Alfuad Sultan Pamuncak
   Pertanyaan:
   bagaimana perkembangan bluetooth saat ini ?
   Pembahasan:
   Perkembangan bluetooth saat ini adalah ditandai dengan versi dari teknologi Bluetooth tersebut yaitu:
   -Bluetooth v1.0 dan v1.0B : Versi pertama dari Bluetooth ini mengalami banyak masalah, dan produsen mengalami kesulitan untuk menciptakan sebuah produk yang bisa saling berhubungan antara satu sama lain dengan benar. Versi 1.0 dan versi perbaikannya 1.0B bisa dibilang mengalami kegagalan.
   -Bluetooth v1.1 : Pada seri ini, para pengembang berhasil melakukan perbaikan pada sebagian besar error yang ditemukan di versi 1.0B. Pada versi 1.1 ini terdapat tambahan mendukung non-encrypted channels dan Received Signal Strength Indicator (RSSI).
   -Bluetooth v1.2 : Pada versi ini memiliki kelebihan lebih dari versi sebelumnya contohnya adalah, Koneksi yang lebih cepat, dan kemampuan untuk mencari atau membaca perangkat lain lebih cepat.
   -Bluetooth v2.0 + EDR : Versi ini rilis pada tahun 2004 dan tidak kompatibel dengan Bluetooth v1.2, hal ini dikarenakan pada Bluetooth v2.0 menggunakan perkembangan baru yang bernama Enhanced Data Rate (EDR) yang berfungsi untuk mempercepat transfer data. Dengan adanya EDR ini, Bluetooth 2.0 memiliki kecepatan transfer hingga 2.1 Mbit/s. Selain itu EDR juga bisa menghemat konsumsi tenaga yang dibutuhkan Bluetooth.
   -Bluetooth v2.1 + EDR : Koneksi yang lebih cepat, dan kemampuan untuk mencari atau membaca perangkat lain lebih cepat.
   -Bluetooth v3.0 + HS  : Versi 3.0 + HS ini muncul pertama kali pada 21 April 2009. Versi inilah yang banyak digunakan pada berbagai macam perangkat saat ini. Bluetooth v3.0 + HS memiliki kecepatan transfer hingga 24 Mbit/s.
   -Bluetooth v4.0 : Versi ini terbilang masih baru, rilis pada 30 juni 2010. Bluetooth v4.0 ini menonjolkan kemampuannya yang low energy. Perkembangan pada Bluetooth v4.0 memungkinkan suatu perangkat untuk “highly integrated and compact”, kemampuan mencari atau membaca perangkat lain lebih mudah dan cepat, transfer data memiliki sistem keamanan lebih baik dan membutuhkan lebih sedikit tenaga, atau dengan kata lain hemat baterai.

8. Bella Noviyantikarani
   Pertanyaan:
   Sebutkan banyaknya mekanisme keamanan bluetooth ?
   Pembahasan:
   Bluetooth dirancang untuk memiliki fitur-fitur keamanan sehingga dapat
   digunakan secara aman baik dalam lingkungan bisnis maupun rumah tangga.
   Fitur-fitur yang disediakan bluetooth antara lain sebagai berikut:
   -Enkripsi data
   -Autentikasipengguna
   -Lompatanfrekuensicepat (1600 hops/sec)
   -Kontrolpengeluaranenergi

9. Riska Rismayanti
   Pertanyaan:
   Apa yang dimaksud dengan circuit switching dan packet switching ?
   Pembahasan:
   -Circuit switching merupakan metodologi penerapan jaringan telekomunikasi di mana dua node jaringan membentuk suatu saluran komunikasi khusus (sirkuit) melalui jaringan sebelum node dapat berkomunikasi. Rangkaian menjamin bandwidth penuh dari saluran dan tetap terhubung selama sesi komunikasi. Fungsi sirkui tseolah-olah node secara fisik terhubung sebagai dengan sebuah rangkaian listrik.
   -Packet switching adalah jaringa nmetode komunikasi digital yang kelompok semua data yang ditransmisikan – terlepas dari konten, tipestruktur, atau – menjadi blok-blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket. Packet switching fitur pengiriman variabel-bit-rate data stream (urutanpaket) melalui jaringan bersama. Ketika melintasi adapter jaringan, switch, router dan node jaringanlainnya, paket buffer danantri, mengakibatkan penundaan variabel dan throughput tergantung pada beban lalulintas dalam jaringan.

10.Wahyudin
   Pertanyaan:
   Apa bedanya bluetooth dgn wifi ?
   Pembahasan:
   -Jangkauan: Kisaran area wi-fi cukup luas yaitu sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Disisi lain, Bluetooth memiliki jarak sekitar 30 kaki.
   -Standar: Bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Sedangkan perangkat Bluetooth yang saat ini mengikutistandar 2,0bluetooth.
   -Instalasi: Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana sehingga tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung mengaktifkanp erangkat bluetooth lain untuk mentransfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka yang harus Andalakukan adalah dengan membeli adaptor bluetooth. Berbeda dengan bluetoot wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi mengaktifkan jaringan, juga diperlukan router dan modem.
   -Akses: Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi. Bluetooth hanya memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network), dan tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN),
   -Kecepatan Transfer: Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggidari wi-fi. Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, sedangkan wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatanlebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.
   -Aplikasi: Bluetooth digunakan untuk transfer data dari satu perangkat keperangkat yang lain. Anda dapat mengakses printer dengan mengaktifkan bluetooth dari komputerAnda. Untukwi-fi, Anda tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi Anda dapat mengakses data base dan software yang terletak di beberapa perangkat lain dalam jaringan. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam area LAN. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin.

11.Lifia Amanda
   Pertanyaan:
   Apa manfaat bluetooth selain untuk membagi data ?
   Pembahasan:
   Dengana danya Bluetooth, kamu bisa meletakkan smartphone kamu di dock yang menempel di mobil atau  motor kamu, danka mutinggal menggunakan Bluetooth headset untuk berbicara. Ini merupakan suatu manfaat praktis Bluetooth ketika berkendara.

12.Eka Halimatus S.
   pertanyaan:
   Apa fungsi dari fitur enkripsi data pada bluetooth ?
   Pembahasan:
   Fungsinya adalah merupakan enkripsi mutakhir dari paket data sehingga keamanan penggunaanya lebih terjamin

13.Ririn Rinasih
   Pertanyaan:
   Apakah yang dimaksud dengan layanan komunikasi point to point dan komunikasi point to multipoint. dan apa perbedaannya dalam sistem bluetooth ?
   Pembahasan:
   Komunikasi antarperalatan Bluetooth akan menghasilkan sebuah jaringan bluetooth yang dinamakan dengan piconet .
   Sebuah piconet paling sederhana terdiri atas dua buah peralatan bluetooh dimana salah satu modul yang menginisiasi koneksi
   disebut sebagai master sedangkan peralatan lain yang menerima tawaran inisiasi tadi dinamakan sebagai slave.
   Jika hanya dua peralatan yang berkomunikasi ,maka koneksinya dikatakan sebagai point to point.
   Satu master dapat memiliki lebih dari satu koneksi secara simultan dengan beberapa slave pada saat bersamaan .
   Koneksi ini dinamakan dengan koneksi point to multipoint. Kedua tipe koneksi tersebut masih merupakan bagian dari piconet.
   Piconet-piconet dapat saling berkomunikasi untuk membentuk sebuah jaringan baru yang dinamakan Scatternet .
   Syarat dari sebuah Scatternet adalah satu peralatan yang hanya dapat menjadi master dalam satu piconet saja pada suatu saat.
   Sistem bluetooth bekerja pada frekuensi 2.402GHz sampai 2.480GHz, dengan 79 kanal RF yang masing-masing mempunyai spasi kanal selebar 1 MHz,
   menggunakan sistem TDD (Time-Division Duplex). Secara global alokasi frekuensi bluetooth telah tersedia,
   namun untuk berbagai negara pengalokasian frekuensi secara tepat dan lebar pita frekuensi yang digunakan berbeda.
   Penggunaan spektrum frekuensi 2.4 GHz secara global belum diatur.

14.Timi Rohimi
   Pertanyaan:
   Bluetooth digunakan pertama kali untuk ?
   Pembahasan:
   Bluetooth adalah teknologi yang dikembangkan pertama kali oleh vendor Ericsson pada tahun 1994.
   Teknologi ini pertamakali digunakan untuk melakukan transfer atau pertukaran data nirkabel
   dalam jarak dekat dengan memanfaatkan gelombang transmisi radio jarak pendek pada frekuensi 2400-2480 MHz.

15.Khanif Kurniawan
   Pertanyaan:
   Bagaimana perbedaan bluetooth dengan infrared ?
   Pembahasan:
   Pertama ,Infrared menggunakan sinar untuk memancarkan sinyal ,seperti tv remote ,
   sedangkan Blue tooth menggunakan frekuensi radio (RF) (2,4 GHz) untuk membroadcast sinyal.
   kedua , Infrared tidak dapat tembus benda yang menghalanginya untuk menjangkau receiver atau butuh pantulan ,karena sifatnya cahaya .
   Namun Bluetooth dapat menembus benda seperti dinding sejauh tidak memiliki skin depth yang tinggi.

16.Jeli Nios
   Pertanyaan:
   Apakah yang dimaksud teknologi BLE yang digunakan pada bluetooth 4.0 ?
   Pembahasan:
   Bluetooth Low Energy (BLE) adalah hasil yang didapat dan akhirnya melahirkan Bluetooth v4.0.
   Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah,
   jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi ke unggulan Bluetooth v4.0 ini.
   BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh karna itu Bluetooth V4.0 menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireless.
   Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak digunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless.

17.Dita Veriani
   Pertanyaan:
   Kenapa bluetooth tidak memerlukan line of sight antara perangkat komunikasi ?
   Pembahasan:
   karena sinyalnya dapat menembus benda padat dan bersifat omni-directional. jadi, bluetooth tidak memerlukan line of sight lagi.

18.Elita Piriyani
   Pertanyaan:
   Apa yang dimaksud dengan mensinkronisasi basis data pada bluetooth ?
   Pembahasan:
   mensinkronisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Tujuan utama sinkronisasi adalah menghindari terjadinya inkonsistensi data karena pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari deadlock atau starvation.

19.Siti Yulianti
   Pertanyaan:
   Apa itu kanal data ansinkron ? dan kenapa bluetooth dapat mendukung kanal tersebut ?
   Pembahasan:
   Pada transmisi asinkron informasi akan diuraikan menjadi karakter dan masing-masing karakter tersebut memiliki bit yang diidentifikasi-kan sebagai awalan blok (start block} dan bit akhiran blok (stop block), karena, Pengiriman data tak sinkron ini lebih sederhana dibanding-kan dengan pengiriman data sinkron karena hanya isyarat data saja yang dikirimkan.

20.Hertiyanah
   Pertanyaan:
   Bluetooth dgunakan sebagai perantara modem, perantara seperti apa ? dan bagaimana caranya ?
   Pembahasan:
   Yang dimaksud perantara yaitu internet dapat diakses secara praktis dengan menggunakan hp sebagai modem dan Bluetooth sebagai perantara antara hp dengan pc/laptop. Cara yang praktis dengan memakai software dari bluesoleil.

21.Maulana Harun Ar-Rasyid
   Pertanyaan:
   Jelaskan tentang sitem tdd (time division duplex) ?
   Pembahasan:
   sistem tdd (time division duplex) adalah sistem duplexing yang membagi sebuah saluran radio dalam waktu untuk menyediakan operasi downlink selama bagian dari periode frame dan operasi uplink pada sisa periode frame. mengacu duplex pada hubungan komunikasi duplex di mana uplink dipisahkan dari downlink dengan alokasi slot waktu yang berbeda pada pita frekuensi yang sama. Ini adalah skema transmisi yang memungkinkan aliran asimetris untuk transmisi data uplink dan downlink. Pengguna dialokasikan slot waktu untuk transmisi uplink dan downlink. Waktu division multiplexing memisahkan uplink dan downlink sinyal dengan mencocokkan komunikasi full duplex melalui link komunikasi half-duplex. Metode ini sangat menguntungkan dalam hal ada asimetri kecepatan data uplink dan downlink. TDD membagi aliran data ke dalam frame dan memberikan slot waktu yang berbeda untuk meneruskan dan membalikkan transmisi, sehingga memungkinkan kedua jenis transmisi untuk berbagi media transmisi yang sama.

22.Muhamad Jahidin
   Pertanyaan:
   Apa yang dimaksud kontrol pengeluaran energi ?
   Pembahasan:
   Kontrol pengeluaran energi adalah Fitur hemat daya saat penggunaan bluetooth.

23.Ryan Setiagi dan Sepriana
   Peranyaan:
   cara  menenskripsi data dibluetooth ?
   Pembahasan:
   Pertama aktifkan bluetooth lalu, pilih pengaturan enskripsi lalu tambahkan pin atau password.

24.Saepul Bahri
   Pertanyaan:
   bagaimana penamaan pada perangkat bluetooth ?
   Pembahasan:
   Penamaannya tergantung dengan perangkat bluetooth yang digunakan. Setiap perangkat bluetooth memiliki penamaan yang berbeda.

25.Tika Martiyani
   Pertanyaan:
   bagaimana sistem keamanan bluetooth pada saat pengiriman data ?
   Pembahasan:
   Sangat rentan terserang virus, jadi lebih diutamakan memakai antivirus.

26.Ine Srihayati
   pertanyaan:
   adakah batasan transfer data pada bluetooth ?
   Pembahasan:
   Hingga 1 Mbit/s

27.Yayat Supriyatna
   pertanyaan:
   apa latar belakang dibuatnya bluetooth ?
   pembahasan:
   Untuk mempermudah dan mempercepat transfer data dibanding dengan infrared yang masih banyak kelemahannya terutama di jarak dan kecepatan.


Dan demikian postingan saya kali ini, kurang lebihnya mohon maaf,
Wassalamualikum Wr. Wb.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pertanyaan dan Pembahasan Tentang Bluetooth"